Kamis, 03 Februari 2011

abraham the founding father of monotheiism

       Awal mula peradaban monoistik di mulai dari negeri babylonia. Seorang keturunan bangsawan memulai pencarian konsep baru tentang penuhanan. Didalam kisah-kisah dalam kitab perjanjian lama alasan abraham tidak disebutkan secara terperinci sebab-sebab pencarianya. Hanya saja kisah abraham memulai petualanganya dengan menjalankan bisikan-bisikan yang datang dan dianggap penjelmaan tuhan. Kisah petualangan abraham dimulai sekitar tahun 1850 sebelum masehi. pewahyuan-pewahyuan dari tuhan kepada abraham untuk meninggalkan negeri babylonia dan mengembara ke tanah yang dijanjikan adalah sebagai cikal bakal berdirinya yerusalem. Kisah abraham dengan keyakinanya menggenapi nubuah spiritualnya melalui wilayah moab, gomora, kanaan dan sempat singgah di mesir. 
     Menjadi penduduk mesir tidak cukup memuaskan kemauan dari visi ilahiah abraham yang akan ditakdirkan sebagai bapak bangsa dan istrinya menjadi ibu bangsa. karena kepiawaian dia sebagai seorang kepercayaan abimelek (fira'un mesir). pernikahan abraham dengan sara belum menghasilkan keturunan sehingga hal ini menjadi beban dan keraguan abraham dengan wahyu yang menggariskan dia dan keturunanya sebagai raja-raja bangsa. Di usia yang telah mencapai 73 tahun dan istrinya 63 tahun tentu keraguanya adalah hal yang wajar. Dinikahiinya perempuan mesir hajar oleh abraham juga atas saran sara untuk bisa menggenapi firman tuhan abraham. Masuknya darah mesir dalam keturunan abraham yang akan merangkai kisah keturunan abraham dikemudian hari dan merubah budaya perkawinan bangsawan babylonia yang mengadopsi perkawinan dengan hubungan darah dan kesukuan yang sangat ketat. Karena bangsa babylonia sangat mempercayai kemurnian keturunan mereka akan memudar dan semangat keunggulan bangsa mereka akan hilang bila berasimilasi dengan bangsa lain .budaya kemurnian ini pula yang nanti akan mempengaruhi budaya para raja-raja keturunan abraham ratusan tahun berikutnya. Meskipun raja-raja yang terkenal mereka nantinya dilahirkan dari bangsa lain dan mesir adalah bangsa yang mempunyai peran besar dalam melahirkan keturunan-keturunan abraham. Asimilasi keturunan yang membawa keturunan abraham menjadi penguasa timur tengah. 
     Sistem kemurnian ras,kesukuan, darah kemudian diadopsi para raja seluruh dunia pada mulanya. Raja daud/david adalah dari campuran yehuda dan moab, musa juga menikah dengan orang moab.akan tetapi silsilah keturunan dari garis yang bukan keturunan yakob tidak pernah diriwayatkan atau disembunyikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar